5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kulit Wajah

Manfaat bunga mawar bagi kulit wajah
Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari golongan genus Rosa. Bunga mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Bunga mawar selain digunakan untuk diberikan kepada wanita, ternyata bunga ini mengandung manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah. Tips kecantikan dengan menggunakan mawar sudah sejak dari dulu masyarakat Indonesia mengenalnya. Bahkan jauh-jauh hari sebelum era modern seperti sekarang ini ibu-ibu kita wanita Indonesia yang super ini rajin menggunakan ramuan dari bunga mawar untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan wajah dan kulit. Manfaat bunga mawar bagi kulit wajah antara lain:
  1. Merawat wajah berjerawat.
    Air mawar ternyata bisa di gunakan untuk antiseptik dalam merawat wajah yang berjerawat. Pada saat kulit wajah berjerawat, kulit wajah terkadang mengalami peradangan. Nah kegunaan air mawar ini bisa membantu dalam proses tersebut. Caranya sangat mudah yakni dengan mencuci muka menggunakan air mawar secara rutin dalam dua kali sehari saja.
  2. Mencerahkan Wajah.
    Air mawar mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk nutrisi kulit dan mampu mencerahkan serta menyegarkan kulit wajah. Caranya rebus beberapa kelopak mawar kemudian dinginkan air rebusan bunga mawar, masukkan kapas kedalam rebusan air mawar yang sudah didinginkan, kemudian tepuk-tepukkan pada kulit wajah anda.
  3. Mencegah penuaan dini.
    Air mawar bisa menjadi salah satu sumber anti oksidan yang dapat membuat kulit jadi lebih elastis dan jauh dari kerutan, karena mengandung Rose Hip Seeds yang memiliki 8 kali vitamin C lebih banyak. Larutan ini dapat menutrisi hingga ke dalam lapisan kulit.
  4. Mencegah kekeringan kulit wajah.
    Air mawar juga dapat memberikan lapisan yang melembabkan pada kulit. Tentunya cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif. serta juga dapat mengatasi eczema, dermatitis, lecet dan luka bakar. Gunakan air mawar seperti menggunakan toner pada saat yang diperlukan.
  5. Sebagai campuran scrub wajah.
    Air mawar ini dituangkan pada adonan lulur yang akan digunakan. kulit akan terasa lebih kenyal dan segar. Aromanya pun dapat dijadikan sebagai aroma terapi yang menenangkan pikiran, psikoogis dan kenyamanan seseorang. Maka mulai dari sekarang, tidak ada salahnya mencoba gaya hidup herbal dengan memanfaatkan bunga mawar.
Dari ulasan di atas, cara untuk mendapatkan ke 5 manfaat tersebut adalah dengan mengambil sari dari kelopak bunga mawar. Sekian pembahasan mengenai bunga mawar.