Ketahuilah Bersepda Bermanfaat Bagi Kesehatan

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Seiring berkembangnya zaman, maka kita lebih memilih model transportasi yang lebih cepat untuk menunju ke suatu tempat tujuan. Faktanya, dari hari kehari, sepeda motor laksana semut berbaris di sepanjang jalan raya yang kita lewati, belum lagi deretan mobil yang laksana anakonda. Hanya saat car free day ( hari tanpa sepeda motor dan mobil) kita bisa melihat sepeda mulai di gunakan. Bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan. Anda dapat bersepeda di mana saja. Dengan bersepeda, maka banyak manfaat yang akan diperoleh. Bersepeda sangat asyik dilakukan apalagi dilakukan pada waktu pagi hari. Dengan bersepeda di pagi hari, Anda bisa menikmati segarnya udara pagi dan dapat menikmati keindahan lingkungan di sekitar anda dengan mengayuh sepeda. Selain itu, tahukah anda manfaat bersepeda. Ternyata banyak sekali manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh, diantaranya:
  • Mengatur Pernapasan.
    Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat tertaur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.
  • Solusi Jitu Agar Diet Berhasil.
    Untuk anda yang sedang menjalani program diet, agar diet anda berhasil, bersepeda bisa jadi solusi anda. Rutin bersepeda di pagi hari sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh.
  • Meningkatkan Stamina Tubuh.
    Badan cepet loyo, lesu, letih, lemas itu tandanya stamina tubuh menurun. Nah agar anda memiliki stamina tubuh yang baik, rutin bersepeda bisa menjadi solusinya. Tentunya memiliki stamina yang baik akan membuat anda fokus dalam menjalankan aktivitas/pekerjaan anda.
  • Memperkuat Kerangka Tubuh.
    Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.
  • Memperkuat Sistem Imun Tubuh.
    Dengan rutin bersepeda, maka daya tahan tubuhpun akan lebih terjaga. Sehingga aktivitas dan pekerjaan berjalan lebih lancar, karena tubuh tidak mudah sakit dan terserang penyakit.
  • Memperbaiki Kardiovaskular.
    Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Menurunnya tingkat kolesterol jahat akan meminimalisasi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal. Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Anda, makin rendah risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.
  • Merawat Sendi.
    Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif. Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.
  • Kesehatan Mental.
    Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.
    Melakukan olahraga ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga anda akan terhindar dari resiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, bersepeda juga dapat mencegah kanker.
  • Membakar Kalori Dalam Jumlah yang Cukup Tinggi.
    Jika wanita tersebut mampu mengayuh sepeda atau bersepeda dengan kecepatan sekitar 22km/jam selama kurang lebih satu jam, maka kalori di dalam tubuh mereka akan terbakar hingga 488 kaori pada saat itu. Sehingga bagi anda yang sedang melakukan program diet, hal tersebut tentunya akan sangat membantu.
  • Sangat Baik Bagi Jantung.
    Ketiga, sepedaan pagi hari, mulai jam 04.00 - 06.00 sangat baik bagi jantung. Sinar matahari pagi pukul 06.00 - 09.00 sangat baik bagi kulit. Di atas pukul 10.00 hingga pukul 15.00 tidak baik berjemur di bawah matahari karena bisa bikin gosong.
  • Manfaat untuk Otot Perut.
    Orang yang rutin bersepeda biasanya memiliki otot perut yang lebih kencang dan kuat. Namun tidak hanya otot perut, saat mengayuh sepeda, otot tubuh bagian atas seperti bahu dan lengan juga turut berkoordinasi. Bersepeda juga membantu membakar kalori, yang pada gilirannya mengurangi akumulasi lemak. Salah satu timbunan lemak yang turut dibakar adalah yang terdapat pada perut sehingga membuatnya tampak lebih langsing dan kencang.
  • Baik untuk Fisik dan Emosi.
    Bersepeda itu kegiatan kesehatan alami yang sempurna. Aktivitas fisik sangat menyenangkan ini dapat memberikan pengaruh besar pada sistem tubuh manusia. Poin pertama manfaat kegiatan ini pada sistem tubuh kita adalah bisa meningkatkan pasokan udara ke paru-paru. Aktivitas ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh organ. Orang-orang yang memiliki kebiasaan bersepeda memiliki risiko lebih rendah menderita jantung dan penyakit lainnya. Mereka biasanya memiliki penglihatan yang baik. Manfaat ini bisa terasa karena aktivitas tersebut acapkali melatih penglihatan kita. Selain itu, bersepeda juga dianggap sebagai pereda stress. Aktivitas ini dapat membantu menjernihkan pikiran kita dari pikiran negatif. Hal ini juga mampu meningkatkan suasana hati kita dalam sekejap mata.
Dibandingkan dengan jogging, orang yang melakukan latihan sepeda akan mengalami tekanan tulang (terutama tulang lutut) lebih sedikit sehingga menghindarkan timbulnya nyeri. Bersepeda juga merupakan latihan pemanasan yang baik bagi mereka yang hendak melakukan latihan aerobik atau angkat berat.