Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan Kulit

Manfaay kunyit bagi kecantikan kulit
Kunyit atau kunir adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Selain itu kunyit mengandung bahan antiseptik yang cocok untuk mencegah peradangan pada jerawat dan luka. Dapat mengobati ruam-ruam dan gatal, memulihkan kerusakan pada kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari, dan mencerahkan warna kulit. Karena itu kunyit juga cocok untuk merawat kecantikan.

  1. Mengangkat sel kulit mati.
    Kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi, sebab kandungan dan tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut, tanpa menjadikan kulit iritasi. Buatlah scrub tubuh dari bubuk kunyit dan tepung chickpea (kacang garbanzo/kacang arab/gram). Scrub ini akan menjadikan kulit Anda bercahaya dan lebih cerah.
  2. Mengurangi kerutan.
    Kunyit yang dikombinasi dengan bahan lain efektif mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Anda dapat mempersiapkan paket masker wajah dengan mencampur bubuk kunyit, tepung beras, susu mentah dan jus tomat . Terapkan masker pada wajah dan leher selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi keriput serta mencerahkan kulit Anda. Jika Anda memiliki lingkaran hitam pada mata, Anda juga dapat menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk 2 sendok makan buttermilk. Terapkan di sekitar mata Anda selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan kerutan serta lingkaran hitam pada mata.
  3. Antipigmentasi.
    Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptic dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi. Oleskan jus mentimun yang telah dicampur dengan bubuk kunyit pada wajah. Diamkan 20-30 menit hingga terserap. Lakukan pembilasan dengan air bersih setelah masker kering.
  4. Menghaluskan kulit
    Kulit halus dan mulus adalah impian setiap wanita. Anda bisa menghaluskan kulit dengan menggunakan kunyit. Anda bisa memotong kunyit tipis-tipis. Setelah itu jemur hingga kering, pastikan tidak ada kandungan airnya lagi. Setelah kering anda bisa menghaluskannya. Kunyit yang sudah menjadi bubuk tadi dicampur dengan air lalu digunakan sebagai lulur. Setelah kering anda bisa mandi hingga bersih untuk merontokkan sisa-sisa kunir. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menambahkan santan kelapa. Gunakan perawatan ini seminggu sekali hingga kulit anda menjadi halus.
  5. Mengobati jerawat.
    Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum di jumpai hapir setiap orang. Bakteri dan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori merupakan penyebab masalah jerawat. Kunyit dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menjaga kebersihan kulit. Selain itu juga dapat membantu mengendalikan sebum sehingga mampu mengurangi terjadinya jerawat.
Cuma itu yang dapat saya sampaikan dari manfaat kunyit untuk kecantikan kulit, sebenarnya masih banyak lagi kahsiat kunyit yang lain, seperti digunakan untuk pengobatan, pencegahan penyakit dan masih banyak khasiat lainnya yang bermanfaat dari tanaman kunyit ini. Tentu saja meskipun menggunakan obat-obat trasisional atau herbal Anda harus tetap menjaga makanan yang sehat dan tetap menjaga gaya hidup sehat lainnya. Karena akan percuma saja jika tengah melakukan suatu pengobatan pada penyakit atau gangguan lain pada tubuh namun Anda tetap mengabaikan gaya hidup yang sehat.