Manfaat Ketawa Untuk Kesehatan

Manfaat ketawa untuk kesehatan
Tertawa adalah ungkapan rasa gembira, senang, maupun geli dengan mengeluarkan suara ketawa, begitulah kutipan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tertawa juga bersifat menular. Tawa juga salah satu cara terbaik untuk mengendurkan otot. Tawa memperlebar pembuluh darah dan mengirim lebih banyak darah hingga ke ujung-ujung dan ke semua otot di seluruh tubuh. Satu putaran tawa yang bagus juga mengurangi tingkat hormon stres, epinephrine dan corsitol. Bisa dikatakan tawa adalah sebentuk meditasi atau relaksasi. Pada saat Anda tertawa lepas, otot-otot di seluruh wajah dan tubuh akan diregangkan. Napas dan denyut nadi jadi lebih cepat, tekanan darah pun ikut meningkat tanda bahwa ada lebih banyak oksigen yang dikirim ke seluruh tubuh. Ini mirip dengan efek yang dihasilkan oleh olahraga ringan.

  • Menghilangkan stress.
    Hormon stress seperti epinephrine dan cortisol diketahui cenderung menurun setelah anda tertawa. hormon tersebut dapat menurunkan sistem imun tubuh, memperbesar resiko infeksi dan memperburuk kesehatan secara umum. Stress fisik dan emosional dapat menghambat keluarnya hormon prolaktin, insulin, tiroid yang berfungsi kebalikan dari hormon epinephrine dan cortisol. Jadi, jika anda sedang stress, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu anda sejenak untuk tertawa lepas, atau melakukan sesuatu yang memungkinkan anda tertawa.
  • Melancarkan aliran darah.
    Para periset di University of Maryland menemukan bahwa pembuluh darah dari orang yang baru saja menonton acara komedi berfungsi dengan baik dan aliran darahnya lancar. Sebagai kontrasnya, pembuluh darah pada orang yang menyaksikan acara drama cenderung tegang sehingga membatasi aliran darah.
  • Membakar kalori.
    Kalori merupakan sesuatu yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak sehat. Manfaat yang ajaib dari tertawa adalah ternyata tertawa bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, kalori yang dibakar sebanyak 10-40 kalori dalam 15 menitnya.
  • Baik untuk jantung.
    aat tertawa, terjadi peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh, demikian hasil sebuah studi. Penyebabnya adalah karena adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang.
  • Menyehatkan paru paru.
    Saat tertawa, Anda memberikan dorongan ke diafragma dan paru-paru. Tindakan paksa ini mengisi paru-paru Anda dengan oksigen yang membantu untuk membersihkan paru-paru Anda dan membuka dada untuk bernafas lebih dalam.
  • Meningkatkan memori.
    Saat tertawa Anda menghirup jumlah oksigen yang lebih banyak. Hal ini membantu mengisi ulang sel-sel otak Anda. Itulah sebabnya tertawa membantu meningkatkan memori serta keterampilan motorik.
  • Menstimulasi organ.
    Sering tertawa baik bagi beberapa organ dan otot tubuh tertentu karena tertawa dapat menstimulasi organ-organ tersebut. Tertawa dapat menstimulasi jantung, diafragma, paru-paru, dan otot perut. Stimulasi ini dapat meningkatkan fungsi organ dan otot.
Cuma itu yang dapat saya sampaikan tentang manfaat tertawa. ingat, menghadapi hidup ini bila terlalu fokus dan serius malah dapat membuat Anda stres, depresi, dan juga berdampak bagi kesehatan tubuh dan mental. Jadi, bila ada waktu luang, carilah hiburan bersama keluarga atau kawan dan lakukan hal yang bisa membuat Anda tertawa.