Manfaat Garam Dapur Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat garam bagi kesehatan
Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam memang salah satu bumbu dapur yang harus ada ketika kita hendak memasak karena jika bumbu ini tidak ada maka masakan akan terasa sangat hambar dan tidak karuan. Namun sudahkah anda mengetahui mengenai manfaat dari garam selain digunakan untuk untuk bumbu dapur memasak, nah pasti banyak yang belum tahu bukan, baiklah bagi anda yang ingin mengetahui beberapa manfaat dari garam dapur ini, Berikut adalah beberapa manfaat garam untuk kesehatan yang bisa saya berikan kepada anda:
  • Mengobati cantengan pada jempol kaki.
    Bagi anda yang sering mengalami cantengan atau kebateran pada jempol kaki, anda dapat memanfaatkan air rendaman garam untuk mengobati cantengan tersebut, adapun caranya adalah dengan merendam jari kaki yang cantengan kedalam air hangat yang sudah di campur dengan garam kurang lebih 15 menit. Sebaiknya cara ini dilakukan 3 kali sehari.
  • Pembersih hidung.
    Anda harus rutin membersihkan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko alergi atau infeksi sinus. Masukkan air ke dalam neti pot dan tambahkan sedikit garam laut. Tuangkan ke dalam lubang hidung sambil memiringkan kepala agar air dapat memasukki rongga hidung. Tundukkan kepala Anda ke bawah dan miringkan kepala ke sisi yang lain.
  • Perawatan luka. 
    Sifat antimikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Osteoporosis.
    Yang dapat memicu osteoporosis adalah Saat tubuh kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya Osteoporosis. Oleh karena itu mengkonsumsi garam dan air secara rutin setiap hari dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
  • Mencegah penyakit jantung.
    Ketika garam menyatu dengan air, dapat memberikan fungsi menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah inggi, serta dapat membantu mengatur detak ketika jantung berdetak tidak teratur. Dengan demikian, garam laut dapat mencegah serangan aterosklerosis pada jantung dan serangan stroke.
  • Sebagai anti ketombe
    Garam membantu melepaskan dan membuang serpihan kulit kepala saat merangsang sirkulasi untuk kulit kepala yang sehat. Garam juga menyerap kelebihan minyak dan kelembaban untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.
  • Pencegah darah manis.
    Garam sangat penting untuk menyeimbangkan tingkat keasaman gula yang ada dalam tubuh. Hal ini sangat penting terutama bagi orang yang memiliki diabetes.
Garam bisa berefek buruk pada tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun jika dikonsumsi secara wajar dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka garam juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.