Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya menghasilkan buah, buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Buah pisang memang kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain sebagai sumber karbohidrat, buah pisang juga mengandung vitamin, mineral, kalium dan magnesium. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang manfaat dari kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan. Kulit pisang juga mempunyai sifat anti jamur sehingga menghasilkan antibiotik. Bahkan tidak disangka juga bahwa kulit pisang memiliki zat pemutih alami yang mampu mengatasi masalah kulit dan dapat bermanfaat untuk treatment. Selain itu antioksidan, luten dan kalium yang terdapat dalam kulit pisang juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Berikut beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan:

  • Mengobati penyakit psoriasis.
    Psoriasis merupakan penyakit pada kulit yang ditandai dengan adanya sisik berwarna keperakan dengan tambahan warna merah serta gatal atau perih. Kalau sisik ini digaruk maka akan ada bintik pendarahan yang sakit. Dengan kulit pisang anda bisa mengobati masalah psoriasis ini. Caranya cosokan bagian dalam kulit pisang Ke bagian yang terkena psoriasis secara merata. Awalnya akan ada warna kemerahan pada kulit namun nanti akan mereda dengan sendirinya.
  • Mengobati kutil.
    Manfaat lain dari kulit pisang adalah mengobati kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10. Sebagai alternatif, kulit pisang bisa dilekatkan pada kutil selama semalaman. Lihat hasilnya dalam 15 hari.
  • Mengobati luka.
    Luka karena cedera, terutama pada lutut dapat disembuhkan dengan kulit pisang. Gosok lutut dengan bagian dalam kulit pisang dan lihat efek penyembuhannya.
  • Memutihkan gigi.
    Beberapa sumber di internet dan buku kesehatan banyak yang telah mengklaim bahwa kulit pisang bermanfaat dalam memutihkan gigi. Cara kerja metode ini yaitu menggosokkan kulit pisang pada gigi dengan gerakan melingkar secara perlahan, dan pastikan gigi anda bersih. Jika hal ini dilakukan secara rutin, akan menghasilkan gigi yang putih seperti pasta gigi.
  • Menghambat Keriput.
    Semakin bertambahnya usia akan membuat kulit kita menjadi keriput tapi keriput bisa di hambat dengan kulit pisang. Caranya kerok bagian dalam kulit pisang, lalu simpan dalam satu wadah kemudian tambahkan madu murni dan satu sendok teh. Aplikasikan pada wajah dan leher serta bagian bagian yang mudah mengalami kerutan. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan kain halus yang sudah di rendam dengan air hangat. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Mengobati jerawat.
    Dengan menggunakan kulit pisang dan dipadukan dengan madu, itu akan menjadi ramuan alami untuk mengatasi jerawat pada wajah anda. Karena kulit pisang juga bermanfaat sebagai pembasmi jerawat dan madu sebagai penghalus kulit alami sehingga bisa membantu mengatasi dan menghilangkan bekas-bekas jerawat pada wajah anda.
  • Masker wajah.
    Zat pemutih alami dan juga antioksidan yang ada pada kulit pisang dapat membantu wajah terlihat bersih dan tampak bercahaya. Penggunaan Kulit pisang sebagai masker wajah ini caranya cukup mudah, cukup gosokkan kulit pisang pada wajah agar serat-serat kulit pisang menempel di wajah. Selanjutnya biarkan selama semalam penuh, baru di pagi hari bilas dengan air hangat.
Demikianlah manfaat yang bisa anda ambil dari penggunaan kulit pisang, selain murah kulit pisang juga aman karena merupakan bahan alami tanpa efek samping. Cuma ini yang bisa saya sampaikan tentang manfaat dari kulit pisang, selamat mencoba semoga berhasil.