Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh
Terun di Pulau Jawa lebih dikenal dengan nama terong. Terong adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat. Asal-usul budidayanya berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang terong dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno. Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan. Nama ilmiahnya, Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke-16 untuk sejenis tanaman terong. Kandungan Gizi Pada terong, terong merupakan tanaman yang sama seperti manfaat kentang dan berisi vitamin yang sama. Meskipun terong tidak mengandung konsentrasi masing-masing vitamin yang tinggi. Sejumlah kombinasi vitamin dengan nutrisi lainnya dalam sayuran ini membuatnya menjadi pilihan makanan sehat. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang manfaat manfaat dari terong, tahukah anda apa saja manfaatnya. Langsung saja kita cari tahu.

  • Mengontrol kadar gula darah.
    Terong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.
  • Menurunkan berat badan.
    Terong mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin
  • Mencegah kanker.
    Terung mengandung serat kasar dalam jumlah yang tinggi. Serat ini mampu menyerap racun dan bahan kimia yang dapat menyebabkan resiko perkembangan kanker usus besar. Terung juga mengandung asam klorogenat, senyawa fenolik yang mempunyai kemampuan sebagai anti virus, anti mikroba, anti kolesterol jahat, serta mencegah sel kanker. Caranya: Sediakan 250 gr terong ungu, 10 gr jamur kuping hitam, 10 gr jamur hioka dan 100 gr udang segar. Anda bisa memasak semua bahan tersebut sebagi tumis, untuk mencegah serangan kanker.
  • Menyehatkan otak.
    Kandungan flotoren yang terdapat dalam sayur terong ungu ini sangat berperan untuk menjaga membran sel yang melindungi otak dari segala bentuk kerusakan dan sehingga memori dalam otak akan tetap terjaga.
  • Untuk mengatasi hipertensi.
    Terong ungu dapat juga mengatasi hipertensi caranya: Siapkan 250 gram terung ungu, tahu dan kacang kedelai secukupnya, kemudian buat masakan sesuai selera anda.
  • Rematik dan radang sendi.
    60 gram akar terung ungu, 15 gram jahe merah, 20 gram, temulawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 150 cc. Lakukan 2 kali sehari. Atau gunakan 60 gram akar terung ungu dicuci bersih, 20 gram kencur diiris-iris, 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc disaring dan diminum iarnya selagi hangat.
  • Mengatasi hepatitis.
    Siapkan 250 gram terung ungu yang telah dipotong-potong, siapkan juga 30 gram rambut jagung, dan 100 gram akar alang-alang, lalu rebus dengan air secukupnya, kemudian saring air rebusannya setelahi itu minum airnya.
Demikian manfaat terung untuk mngobati berbagai macam penyakit. Kini anda mempunyai alasan yang cukup kuat untuk menambahkan terong sebagai menu makanan harian anda.