Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun mangga untuk kesehatan.
Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Jika mendengar buah manga, tentunya semua sudah tau akan lezatnya buah yang kadang hanya ada di musim tertentu. Selain itu, banyak juga manfaat buah mangga yang bisa kita peroleh dari buah yang kita konsumsi. Namun jika mendengar daun mangga yang bermanfaat untuk kesehatan, tentunya masih sedikit orang yang tahu. Pada kesempatan ini saya akan informasikan apa saja manfaat daun mangga bagi kesehatan. Berikut manfaat manfaatnya:

  • Mengobati diabetes.
    Daun pohon mangga mengandung tanin dan anthocyanin, yang membantu mengobati diabetes awal. adapun teh daun mangga sangat baik untuk membantu untuk mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Daun mangga mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen. Menurut penulis Kesehatan, teh mangga telah digunakan oleh dokter Eropa untuk membantu mengobati diabetes dan masalah pembuluh darah yang berhubungan dengan diabetes. Caranya anda bisa menggunakan daun mangga sebagai serbuk, lalu dijadikan teh yang nantinya anda seduhkan untuk penderita Diabetes tersebut.
  • Mengobati asam urat.
    Selain untuk mengobati diabetes, daun mangga juga dapat anda memanfaatkan untuk mengobati asam urat. Caranya cukup mudah, seduh daun mangga dalam air panas, ramuan dapat ditambahkan madu ataupun gula secukupnya. Anda juga bisa menghaluskan daun mangga untuk memudahkannya.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi.
    Daun mangga ini dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi, caranya adalah pertama haluskan daun mangga kemudian saring airnya, lalu tambahkan ke dalam bak air mandi dengan takaran tiga gelas atau lebih atau sesuaikan dengan takaran jumlah air di bak mandi. Manfaat selain itu dapat mengobati kegelisahan seseorang.
  • Meningkatkan kesuburan pasangan suami istri.
    Daun mangga rupanya juga mampu membantu proses peningkatan kesuburan pada pasangan suami-istri. Caranya sangat praktis, yaitu dengan menumbuk daun mangga bersama dua butir bawang merah, kemudian seduh dengan air panas, pastikan aromannya sampai keluar, minum secara rutin. Dianjurkan ketika menjelang tidur.
  • Meringankan penyakit asma.
    Untuk menyembuhkan atau meringankan penyakit asma, ambil daun mangga dan potong-potong halus, jemur dan seduh bersama dengan dua sendok teh dalam secangkir air panas, minum secara rutin.
  • Sebagai obat kumur.
    Ambil tiga atau lima lembar daun mangga yang sudah tua, cuci bersih dengan menggunakan air yang bersih. Seduh dengan air panas dan diamkan beberapa saat hingga air berubah menjadi kecokelatan. Gunakan untuk berkumur setelah makan. Anda bisa menambahkan sedikit garam jika diperlukan (Seduhan ini mampu membantu mengatasi gusi yang luka atau bengkak).
Daun mangga yang sering dibuang ternyata dapat membantu mengatasi masalah kesehatan anda. Cuma itu yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat manfaat daun mangga bagi kesehatan tubuh, selamat mencoba dan semoga sukses.