Manfaat Air Putih Bagi Organ Tubuh Manusia

Air di dalam tubuh manusia

Anda mungkin tidak terlalu suka minum air putih. Berikut adalah ulasan kami tentang manfaat air putih, sekaligus sebuah sinyal agar Anda segera mengubah kebiasaan Anda sehari-hari. Manfaat Air Putih Untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Selain itu manfaat air putih adalah:
  1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
    Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.
  2. Selalu tampil awet muda.
    Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.
  3. Mengurangi nyeri.
    Minum segelas air panas adalah obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan kram menstruasi. Jika Anda mengalami sakit perut, sakit kepala atau badan, minum segelas air panas adalah bantuan instan.
  4. Merawat kulit.
    Minum air putih satu liter setiap harinya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan juga terawat. Air putih bisa menghilangkan kotoran yang ada dalam tubuh dan juga kulit. Kulit yang kekurangan air dapat mengalami kekeringan dan dapat merusak kesehatan kulit.
  5. Menghindarkan tubuh kurang cairan.
    Tubuh kita terdiri dari 60 % air. Jadi air penting untuk menjaga fitalitas tubuh. Cairan tubuh yang terdiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Juga air membantu untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  6. Melindungi jantung.
    Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen.
  7. Menghilangkan racun.
    Dengan mengkonsumsi air setiap pagi hari dapat meringankan fungsi ginjal selain itu dapat mengeluarkan racun serta zat tak bermanfaat lainnya (baca:limbah) dalam tubuh seseorang. Ini dikarenakan pda waktu malam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang memadai.
  8. Mencerahkan kulit.
    Tahukah Anda bahwa salah satu rahasia untuk memiliki kulit cerah bersinar adalah dengan minum air putih? Hal ini terjadi karena proses detoksifikasi mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit.
  9. Melangsingkan tubuh.
    Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.
  10. Menambah darah.
    Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot.
Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh dapat mudah terserang penyakit. Maka, jangan lupa untuk mengkonsumsinya minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar minimal dua liter air. Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, dan ginjal. Air yang hilang ini harus diganti agar kita tidak mengalami dehidrasi. Jika Anda kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka beberapa tanda seperti sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh Anda. Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari? Bagi orang yang sehat membutuhkan minimal dua sampai dua setengah liter air sehari. Jika Anda berolahraga, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak air. Demikian juga jika Anda tinggal di iklim panas. Bagi mereka yang mengalami obesitas, perlu minum segelas air ekstra untuk setiap kelebihan 10 kilogram dari berat badan ideal. Namun, sebaliknya bagi beberapa penderita penyakit tertentu seperti gagal jantung atau gangguan fungsi ginjal, maka beberapa dokter menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum air. Ini pun harus dengan rekomendasi dokter ahli. Jangan gantikan air dengan cairan lain seperti jus buah. Meski membuat tubuh sehat, jus buah mengandung kalori. Demikian juga, minuman yang mengandung gula dan susu, juga akan membuat tubuh membutuhkan banyak air untuk mencernanya. Apalagi jika Anda minum banyak minuman beralkohol atau minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman-minuman ini memiliki sifat diuretik yaitu senyawa yang meningkatkan aliran seni, sehingga kita perlu minum lebih banyak air guna mengganti apa yang dikeluarkan. Karena itu, jangan minum air ketika Anda sudah merasa haus. Ketika Anda merasa haus, maka Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah minimal 8 gelas sehari atau 2 hingga 2,5 liter per hari demi kesehatan Anda. Minumlah segelas air sekarang juga.