Manfaat Mematikan Lampu Pada Saat Tidur

Manfaat Mematikan Lampu Pada Saat Tidur
Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian." (Hadits riwayat Bukhori, No. 6269) Kebiasaan tidur tiap masing-masing individu berbeda-beda. Ada yang suka tidur dengan lampu menyala, ada juga yang tidur di depan televisi dengan kondisi tv masih menyala. Selain itu ada juga yang tidur dan lebih suka dengan suasana gelap tanpa penerangan. Lantas suasana tidur bagaimanakah yang baik untuk kesehatan? Tidur pada waktu malam hari sangat tidak dianjurkan dalam kondisi terang benderang dengan kondisi lampu yang masih menyala. Karena tidur dalam suasana lampu masih menyala lebih rentan mendatangkan penyakit kanker, penyakit kardiovaskular, mengalami gangguan sistim metabolisme tubuh dan yang berat adlaah terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Berikut adalah manfaat kesehatan bila Anda tidur dalam keadaan mematikan lampu.

  • Memproduksi hormon melatonin.
    pada malam hari tubuh memroduksi melatonin -hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur. Hanya saja hormon ini sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga tidak akan diproduksi jika saat tidur malam menggunakan lampu. Padahal jika produksi melatonin meningkat, kualitas tidur menjadi baik, imunitas meningkat dan ketegangan berkurang. Hal ini pun tidak hanya berlaku pada orang dewasa, tapi juga pada bayi. Dalam keadaan gelap atau minimal redup, bayi akan tertidur dengan pulas dan kualitas tidurnya pun juga baik. Bayi yang kualitas tidurnya baik akan berdampak pada kesehatan tubuhnya dan membuat bayi pun tidak mudah rewel.
  • Meningkatkan kinerja otak.
    Tidur lelap dalam gelap juga dapat meningkatkan kinerja otak dan secara tidak langsung mengurangi pikun saat Anda memasuk usia lanjut. Selain itu, dapat menghilangkan stress karena akan merelaksasikan pikiran Anda saat berada dalam ruangan yang gelap. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara meditasi ringan yang dapat anda lakukan sehingga secara tidak langsung akan menstabilkan emosi dan pikiran anda.
  • Lebih cepat terlelap.
    Selain membantu tubuh untuk memproduksi hormon kekebalan tubuh, mematikan lampu saat malam hari juga akan membuat anda lebih cepat terlelap, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh anda lebih sehat dan segar saat bangun di pagi harinya. Ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk anda agar tidak mudah letih dan lesu.
  • Mengurangi depresi.
    Yang terakhir adalah tidur dalam keadaan gelap di malam hari juga di percaya dapat mengurangi tingkat depresi yang dapat anda alami ketika menjalani aktivitas anda sehari-hari.
  • Meringankan tingkat stres.
    Stres dapat terjadi dan di alami oleh seseorang. Di manapun dan dalam kondisi apapun seseorang dapat mengalami yang namanya stres. Untuk itu, manfaat tidur tanpa menggunaan cahaya lampu adalah untuk meredakan dan meringankan tingkat stres yang di alami.
  • Menstabilkan emosi.
    Dari beberapa sumber mengatakan bahwa tidur dalam keadaan mematikan lampu atau tidur dalam keadaan gelap itu lebih baik karena dapat mengontrol dan menstabilkan emosi.
Para ilmuwan dan peneliti yang berasal dari Inggris dan juga Israel juga melakukan penelitian yang sama tentang dampak menyalakan lampu ketika malam hari. Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa apabila cahaya lampu dihidupkan pada waktu malam hari maka akan bisa membuat ekspresi secara berlebihan dari sel-sel yang berkaitan dengan pembentukan sel kanker. Selain itu para ilmuwan juga memaparkan bahwa menyalakan lampu pada waktu malam hari walaupun cuma sebentar akan dapat menyebabkan perubahan biologis tubuh. Jadi mulai sekarang matikanlah lampu untuk mendapatkan manfaat manfaat untuk kesehatan dan juga untuk menjauhkan segala macam penyakit. Hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang manfaat mematikan lampu pada saat tidur diwaktu malam, semoga bermanfaat untuk anda para pembaca.