Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan
Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera adalah tumbuhan yang terkenal dan populer dengan keunikan buahnya, kurma kaya akan nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mangan, air, dan sedikit lemak. Kurma tersebar di seluruh penjuru Timur Tengah. Rasa kurma yang legit dan manis memang tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki rasa manis dan lembut, buah kurma juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kurma ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur lembut. Buah kurma merupakan jenis buah yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, biasanya buah kurma banyak kita temui disetiap tempat perbelanjaan seperti pasar dan swalayan pada saat menginjak bulan ramadhan.

  • Menjaga kesehatan jantung.
    Kurma cukup membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber potassium yang kaya, dimana penelitian telah menunjukkan bahwa potassium mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Lebih lanjut, mengkonsumsi kurma disarankan sebagai cara yang menyehatkan dan lezat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi 2 kali seminggi, buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.
  • Mencegah resiko terkena stroke.
    Buah kurma memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dalam mencegah stroke, hal ini dikarenakan kandungan buah kurma dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan sangat cepat. Karena jika tekanan darah terlalu tinggi dapat merusak pembuluh darah, akhirnya dapat mengakibatkan stroke.
  • Mencegah kanker otak dan rematik.
    Kurma tinggi kandungan mineral. Dengan mengonsumsi 15 buah kurma maka Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan harian akan 80% magnesium, 70% sulfur, 25% kalium, dan 20% kalsium. Kurma juga rendah natrium namun tinggi akan kalium yang jumlahnya meningkat seiring tingkat kematangannya sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi. Selain itu, kandungan mineral pada kurma seperti fluor bagus untuk melindungi gigi, selenium untuk meningkatkan sistem imun, boron untuk mencegah kanker otak serta rematik.
  • Kesehatan sistem syaraf.
    Kandungan vitamin pada kurma menjadikan kurma ideal untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang menua dan daya sistem syaraf mereka menurun, juga bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
    Buah kurma mengandung senyawa yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah kurma memiliki kandunan mineral, kalsium, magnesium, mangan, selenium dan tembaga.
  • Mengobati rabun senja.
    Manfaat dari kurma sangatlah banyak, dan seringkali digunakan untuk mengobati kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Jika daun dari palem kurma ditumbuk dan dioleskan di sekitar mata, atau ketika kurma dimakan, terbukti kurma dapat mengurangi frekuensi rabun senja, dan solusi ini seringkali digunakan di daerah pedesaan dimana kurma ditanam untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif.
  • Menurunkan kolesterol
    Hanya satu biji buah kurma mengandung 1,6 g serat, atau 6 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Serat dikenal manfaatnya akan kemampuannya membantu menurunkan kolesterol, mencegah obesitas, penyakit jantung dan kanker kolorektal . Menurut Critical Reviews in Food Science and Nutrition edisi 2008, melaporkan bahwa serat yang terdapat dalam buah kurma terutama adalah serat larut, yang berkhasiat mengikat lemak serta kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh kita.
  • Mengurangi reaksi alergi.
    Buah kurma dapat mengurangi reaksi alergi. Karena buah kuno yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang mengalami alergi musiman.
  • Melancarkan buang air.
    Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan dalam kurma juga bermanfaat untuk memperlancar salurang pembuangan air kecil dan mencegah penyakit kencing batu serta prostat.
Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh. Makan kurma setiap harinya dapat menjaga kesehatan tubuh anda. Cuma itu saja yang dapat saya sampaikan tentang manfaat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.