Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan
Pada saat memakan jeruk, seringkali kita membuang kulitnya. Tahukah anda, bahwa kulit jeruk mempunyai manfaat sang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah untuk mengobati mabuk perjalanan. hal ini di sebabkan Salah satu kandungan kulit jeruk yang baik untuk keshatan yakni minyak atrisi, minyak ini akan membuat stabil sistem saraf manusia selain menstabilkan saraf, minyak ini juga akan memberikan ketenangan jika kita menghirupnya. Seperti yang kita ketahui bahwa mabuk perjalan disebabkan karena ketidakstabilan pendengaran dan hal ini akan menganggu kesetabilan sistem saraf nah minyak atrisi inilah yang memberikan solusi dari masalah tersebut. Namun, perlu ditekankan sekali lagi bahwa kulit jeruk alamilah yang dapat gunakan bukan wangi-wangian jeruk yang terbuat dari campuran kimia. Cara menggunakannya cukup sederhana, yakni apabila anda merasa mual silahkan hirup kulit jeruk yang sudah dikupas dari buahnya. Tetapi hanya itukah manfaat kulit jeruk tetunya tidak. Manfaat lainnya bagi kesehatan dan kecantikan adalah:

  1. Mengecilkan pori-pori kulit.
    Kulit buah jeruk biasanya akan langsung dibuang ke tempat sampah. Namun mulai sekrang sebaiknya jangan langsung dibuang, karena kulit buah jeruk ternyata bisa untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya penggunannya sangat mudah, potong kecil -kecil kulit buah jeruk lalu rendam dalam air hangat selama semalam. Esok harinya, gunakan air rendaman tersebut untuk membasuh wajah.
  2. Memutihkan kulit.
    Kulit jeruk memiliki agen pemutih alami yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit dan juga mengurangi belang di kulit. Peras dan gosok kulit jeruk segar pada kulit secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Bilas wajah dengan air dingin setelah memijat kulit Anda dengan air jeruk segar selama sekitar 15 menit.
  3. Menghilangkan kulit berminyak.
    Kulit jeruk mampu menyerap minyak berlebih dari kulit sehingga mengurangi kilapan wajah akibat minyak yang berlebih. Selain itu, ternyata kulit jeruk juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kering dari permukaan wajah sehingga membuat wajah lebih bersih dan cerah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa membuat masker kulit jeruk sendiri. Berikut ini cara pembuatannya: Kupas kulit jeruk dan biarkan hingga mengering dan mengeras. Setelah mengeras, blender kulit jeruk hingga halus dan kemudian campurkan dengan susu secukupnya (rasio 50:50) hingga menjadi pasta. Bersihkan wajah dengan air bersih, lalu keringkan, kemudian barulah aplikasikan masker kulit jeruk tersebut keseluruh wajah dan diamkan kurang lebih 30 menit sampai mengering. Bilas wajah dengan air untuk menghilangkan bekas masker, namun pastikan Anda tidak menggosok wajah terlalu keras karena bisa merusak kulit.
  4. Mencegah penyakit kanker.
    Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk bermanfaat memaksimalkan kinerja vitamin C dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian, kandungan senyawa polymethoxyflavones dan liminoid sangat ampuh mencegah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut dan kanker payudara. berikut cara mengkonsumsinya: Keringkan kulit jeruknya hingga benar benar kering kemudian seduh dengan menggunakan air hangat layaknya membuat teh teh, atau cara lainnya: Keringkan kulitnya lalu blender sampai lembut, kemudian seduh layaknya membuat jamu, Agar rasa lebih enak, Anda bisa menambahkan madu.
  5. Mengobati sesak napas.
    Ternyata kulit jeruk ini juga bisa mengobati sesak napas, caranya: Tuangkan air mendidih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, kemudian tutup gelas selama 10 menit dan tambahkan gula sebelum anda meminumnya. Cara ini dapat menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.
  6. Menghilangkan bau mulut.
    Mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang segar dapat menghilangkan bau mulut
Demikian manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan, maaka dari itu jangan buang kulit jeruk.